Sukses

Nyeri Buang Air Kecil

29 Dec 2015, 09:29 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok.. Saya kalau buang air kecil terasa sakit, kenapa ya dok? Saya tidak merasakan sakit apapun, kecuali sakit pada kelamin saya di bagian bawah pada saat ereksi dan pada saat buang air kecil.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Buang air kecil yang nyeri pada laki-laki dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual. Jika dari penis Anda juga keluar lendir atau nanah, ditambah dengan adanya benjolan di selangkangan yang kemungkinan adalah pembesaran kelenjar getah bening, maka bisa jadi Anda mengalami infeksi menular seksual.

Buang air kecil yang nyeri kemungkinan bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan. Tingkat signifikansi jumlah bakteri dalam urin lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan gejala ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin.

Bila memang anda menderita infeksi saluran kemih, kami sarankan Anda jangan terlalu sering menahan kencing dan banyak minum air untuk membantu membilas kuman yang bersarang di saluran kemih anda. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Jika benar terdapat batu, maka akan dilakukan tindakan untuk menembak batu tersebut hingga hancur dan keluar melalui saluran kemih.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar