Sukses

Hamil dan Infeksi Kutil Kelamin

27 Dec 2015, 22:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, saya ini sedang hamil 4 bln jalan.. sebelum hamil saya tes lab saya ada hpv dan di kemaluan saya ada kutil kelamin dan saya juga keputihan putih susu pekat dan bau, sampemsaya hamil pun masih keputihan dok.. yang saya mau tanyakan.. apa penyakit yang saya alami bisa sembuh dok ?; walau saya sedang hamil ? dan apakah boleh saya mengobati kutil kelamin dan keputihan saya ke dokter spesialis kulit dan kelamin ?;

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Bagaimana dengan ukuran jengger ayam pada kelamin Anda? Apakah cukup besar? 

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Sehingga memang dapat ditularkan pada suami Anda. Untuk itu sebaiknya suami Anda juga turut diperiksakan dan dievaluasi, jika ditemukan juga kutil kelamin pada suami Anda maka perlu segera diobati juga. Selama pengobatan sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Anda sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menangani keluhan Anda. 

Jika tidak terdapat masalah pada saluran reproduksi Anda, maka tidak ada masalah untuk hamil. Perlu juga dilakukan pemeriksaan leher rahim Anda dengan papsmear untuk mengevaluasi apakah infeksi HPV juga terjadi pada leher rahim.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar