Sukses

Pola Makan Sehat?

29 Dec 2015, 15:53 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok, mau tanya, Saya mau tanya tentang pola makan saya. Saya mengganti nasi dengan oatmeal untuk sarapan, untuk makan siang dan malam saya makan nasi merah + sayur, saya vegetarian, saya mengganti asupan daging dengan tempe, tahu, ataupun Jamur. Apakah asupan & pola makan seperti ini salah ?, atau justru dianjurkan, Sekian dok. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adapun secara umum, tidak ada masalah dengan pola makanan yang Anda sebutkan. Tidak ada masalah pula dengan menjadi seorang vegetarian, asalkan Anda tahu cara mencari pengganti sumber nutrisi yang umumnya lebih banyak didapat dari makanan hewani. Simaklah penjelasan berikut ini.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula orang beralih menjadi seorang vegetarian. Seorang vegetarian adalah seseorang yang mengkonsumsi makanan terutama yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur. Namun ada beberapa vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu.

Terdapat 4 tipe vegetarian,

  1. Lacto-ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susus tetapi tidak mengkonsumsi daging dan ikan,

  2. Lacto vegetarian yang masih mengkonsumsi produk susu tetapi tidak mengkonsumsi telur, daging, dan ikan,

  3. Ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur tetapi tidak mengkonsumsi produk susu, daging, dan ikan,

  4. Vegan yang sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti telur, produk susu, daging, dan ikan

Menjadi vegetarian memang terbukti banyak manfaatnya.Menjadi vegetarian terbukti dapat memperpanjang angka harapan hidup. Selain itu, menjadi vegetarian juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit kronik seperti obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, darah tinggi, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan konstipasi.

Namun harus diperhatikan pula, bahwa menjadi vegetarian berarti Anda akan kekurangan beberapa nutrien yang banyak terdapat pada makanan yang berasal dari hewan contohnya seperti protein, vitamin B12, dan zat besi. Untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui bagaimana supaya kebutuhan nutrien-nutrien tersebut tetap tercukupi walaupun anda menjadi seorang vegetarian.

Kebutuhan protein dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi kacang-kacangan, kedelai, seperti tahu dan tempe. Meskipun jenis protein hewani lebih mudah diserap dan jumlahnya cenderung lebih banyak untuk sedikit makanan hewani. Vitamin B12 hanya terdapat pada produk hewani, dan beberapa produk nabati seperti jamur dan tempe yang memang mengandung vitamin ini tidak dapat mencukupi kebutuhan untuk tubuh anda, sehingga sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen vitamin B12. 

Untuk mengatasi kekurangan zat besi pada vegetarian, perbanyaklah mengkonsumsi sereal, beberapa jenis sayuran. Zat besi pada nabati lebih sedikit diserap oleh tubuh manusia, maka juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar