Sukses

Muntah Berwarna Hitam

29 Dec 2015, 15:15 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok, karena saya ngetik dan bertanya pada malam hari maka saya ucapkan selamat malam. sebut saja saya Rully (Nama Sebenarnya) jadi begini dok, saya mau tanya, tetapi sebelum saya bertanya saya mau jelaskan sedikit yang saya rasa dan keluhkan. Pada tanggal 22 Desember 2015 pagi hari saya merasakan panas pada dalam tenggorokan saya atau seperti habis makan pedes (ketika menelan air liur) lalu kelamaan dada saya merasa sesak ketika saya bernafas dalam/panjang, ketika saya makan, minum, menguap/mengantuk, sendawa, itu semua terasa sakit di bagian dada hingga ke perut, dan saya sempat muntah, dan muntah saya itu berwarna hitam kelam seperti warna malam, jiahaha,, tubuh saya tidak panas dok, tapi saya saat ini memang sedang mengalami influenza. nah pertanyaan saya dok, saya sakit apa? dan apa solusi yang harus saya lakukan agar saya tidak merasakan hal ini lagi, sebab baru kali ini saya merasakan sakit yang begini. terimakasih dok, cepat di balas ya dok. haha.. selamat malam dok, semoga mimpi indah dalam rehatnya. jiahaha.. #salamSenidanBudaya #ArtTickleCulture

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Muntah berwarna hitam sangat mungkin berarti muntah Anda berisi darah. Muntah darah dalam istilah medis dinamakan hematemesis. Keluhan muntah darah yang paling sering terjadi diakibatkan adanya gangguan di saluran pencernaan.  Darah yang keluar dapat berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Penyebab Hematemesis bisa berasal dari :

  • Perlukaan di saluran pencernaan
  • Kelainan koagulasi (pembekuan darah)
  • Pengobatan yang mengiritasi saluran pencernaan
  • Varises esofagus
  • Darah dari epitaksis (perdarahan melalui hidung / mimisan)
  • Erosi orofaring yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah darah.
  • Tekanan, stress emosional
  • Pemakaian obat antiperadangan(anti-radang), antikoagulan(anti-pembekuan), atau alkohol.

Risiko dari muntah darah berulang tentu adalah kekurangan darah, yaitu anemia. Untuk mencaritahu penyebab pasti keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung dan dilakukan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar