Sukses

Jenis--Jenis Kulit

27 Dec 2015, 15:35 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, usia saya 17 thn. Bagian dahi saya terdapat garis2 kaya kerutan, tapi kadang kala dibagian sekitar wajah terdapat jerawat walaupun hanya 1 atau 2 jerawat, jerawat akan keluar klau saya tidak cuci muka, berkeringat berlebih atau akan haid, dan dibagian hidung saya sedikit berminyak pula, kira2 wajah saya termasuk jenis kulit apa dok??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi.                                 

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki ciri-ciri khusus, yakni mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

2. Kulit Kering

Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan kerapkali diiringi oleh kondisi mudah iritasi. Acapkali kulit mengelupas, dan seringkali terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air. Kebalikannya dari kulit berminyak, tipe kulit kering seringkali kehilangan sebum.

Tipe kulit kering mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim, (sangat panas atau sangat dingin), sehingga seringkali terasa kencang. Kelebihan kulit kering ialah jarang timbul masalah jerawat.

3. Kulit Kombinasi

Mayoritas orang banyak yang memiliki jenis kulit semacam ini, jenis kulit berminyak terpusat di daerah “T” pada wajah (dahi, hidung dan dagu). Sementara untuk wilayah pipi, daerah seputar mata dan leher lebih kering ketimbang daerah “T”.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar