Sukses

Menggigil dan Kembung

29 Dec 2015, 15:52 WIB
Wanita, 59 tahun.

Dok, ibu saya minggu lalu test lab hasilnya igm salmonella positif. Sudah rawat inap di salah satu rs disurabaya. Ibu saya juga ada hipertensi. Beberapa hari lalu saya tanya dokternya katanya sudah bagus. Saya tanya apa perlu tes lab lagi atau usg sesuai saran dokter waktu saya tanya di forum ini. Dokter yg menangani ibu saya bilang tidak perlu, kondisinya bagus, tidak ada masalah di ginjal dan empedunya. Tapi sampai sekarang ibu saya masih sering menggigil dan katanya perutnya kembung dan pinggang bagian belakang sakit. Tadi siang saya bilang ke dokternya, tapi dibilang ‘ibu jangan banyak mengeluh’. Kira2 keluhan ibu saya yg menggigil, kembung dan sakit di pinggang bagian belakang kenapa ya dok? Mohon dijawab. Terima kasih.

 

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai menggigil. Secara umum setiap menggigil merupakan mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas dalam tubuh sehingga suhu tubuh akan meningkat. Tubuh akan terus menggigil dan kedinginan sampai suhu tubuh sama dengan set point suhu yang baru (yang lebih tinggi) yang telah diatur oleh otak. 

Ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal ini dapat merupakan kondisi normal pada beberapa variasi genetik yang memang tidak dapat mentoleransi dingin dan tidak perlu diobati. Hal ini diatasi dengan berpakaian lengan panjang atau hangat. Namun, hal ini dapat menandakan beberapa penyakit metabolik seperti kelainan hormon tiroid yang rendah (hipotiroid) atau efek samping dari obat-obat jantung dan psikiatri.

Kami tidak dapat menyatakan apa yang menyebabkan kondisi menggigil yang ibu Anda rasakan karena wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan (pemeriksaan darah, pemeriksaan hormon, dll).

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Keluhan perut kembung atau perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Awalnya,  Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Selain dengan pemberian obat anti asam lambung secara teratur, kami sarankan sebaiknya ibu Anda menjaga pola makannya dengan makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur, menghindari makanan pedas, asam, alkohol, kopi, soda, dan makanan yang dapat merangsang pengeluaran gas seperti kol dan menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin. Selain itu, stres psikis juga harus dihindari karena dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar