Sukses

Makanan Pedas Untuk Ibu Menyusui

28 Dec 2015, 09:42 WIB
Pria, 30 tahun.

Malam dokter. Saya mau nanya. Apakah ada larangan buat ibu menyusui untuk makan makanan pedas (cabai). Apakah ada efek ke ASI dan bayi? Kalau memang tidak boleh sampai berapa lama kah itu. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Makanan pedas diduga akan mempengaruhi kualitas asi sehingga membuat bayi mengalami gangguan pencernaan terutama diare, betulkah hal tersebut? Ahli laktasi menyarankan pada ibu yang sedang menyusui untuk tidak khawatir dikarenakan cita rasa asi tidak sama 100% dengan makanan yang anda konsumsi sehingga rasanya akan terasa samar atau hambar dan bertahan selama 8 jam.                                      

 Hal yang harus anda jaga untuk kualitas asi adalah dengan memilih variasi jenis makanan sehingga kualitas asi akan tetap terjaga. Beberapa ibu mengkhawatirkan apabila mengkonsumsi makanan pedas akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi dimulai mulas dan juga mencret, meskipun demikian makanan pedas dapat anda konsumsi dengan jumlah yang terbatas dan tentu saja tidak mengakibatkan gangguan kesehatan pada diri anda. Beberapa makanan pedas biasanya mengakibatkan ibu yang sedang menyusui mulas sehingga sebaiknya dihindari. Makanan pedas yang mengganggu kesehatan ibu menyusui apabila membuat ibu mengalami sakit perut hingga diare akan mengakibatkan kualitas asi menurun, hal ini terkait dengan gangguan kesehatan ibu hamil bukan dikarenakan makanan pedas tersebut. Makanan pedas yang berpengaruh pada ibu yang sedang menyusui sedikit kemungkinan akan mempengaruhi bayi. Kandungan rasa pedas yang timbul diakibatkan senyawa yang terkandung yaitu capsaicin pada cabai yang akan mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya memiliki rasa panas, terbakar di bagian lidah akan tetapi pada bayi capsaicin di dalam asi tidak akan membuat lidah bayi merasakan panas tersebut.  

Jadi selama tidak berlebihan ibu menyusui boleh mengkonsumsi makanan pedas.           

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar