Sukses

Bolehkah Menggunakan Lebih Dari 1 Metode KB?

29 Dec 2015, 11:46 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok, sy mw tanya, sy pernah gagal pakai iud, kemudian hamil anak ke2, sekarang sy kb iud lg, agar lebih aman apa boleh pakai kb lebih dr 1 ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

IUD (Intra Uterine Device) adalah alat yang dimasukkan ke dalam rahim dan mencegah kehamilan dengan cara menganggu lingkungan rahim, dan menghalangi terjadinya pembuahan maupun perlekatan janin ke rahim. Tentu saja semua kontrasepsi tidak ada yang 100% bisa mencegah kehamilan kecuali abstinensia (tidak berhubungan intim).

Angka kegagalan IUD sangat rendah yaitu kurang dari 1% per tahunnya. Generasi kedua Copper-T IUD memiliki angka kegagalan kurang dari 1% per tahunnya dan akumulasi angka kegagalan selama 10 tahun meningkat menjadi 2-6%. Jadi memang IUD dapat saja gagal dalam mencegah kehamilan.

Kegagalan atau terjadinya kehamilan dengan IUD lebih banyak disebabkan karena posisi IUD yang bergeser. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa alat IUD tersebut bergeser dan bukan terletak di rahim namun berada di leher rahim (52%) sehingga kehamilan di rahim dapat terjadi. Efektivitas IUD berkurang dengan bertambahnya usia dan posisi IUD yang bergeser. IUD dengan konsentrasi copper rendah lebih rentan untuk terjadinya kehamilan dibandingkan IUD dengan kadar konsentrasi copper tinggi.

Untuk mencegah hal tersebut maka disarankan untuk kontrol teratur ke dokter spesialis kebidanan agar posisi IUD dapat dievaluasi melalui pemeriksaan USG. Bila Anda merasa khawatir akan terjadi kehamilan lagi, Anda dapat menggunakan metode lain sebagai pendamping IUD seperti misalnya kondom. Penggunaan lebih dari satu metode KB secara bersamaan boleh saja dilakukan asalkan tidak mengandung hormonal di keduanya. Misalnya KB suntik dengan pil. Keduanya mengandung hormon yang bila digunakan bersamaan mungkin akan mengakibatkan efek samping pada penggunanya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar