Sukses

Pijat Payudara Saat Menyusui

28 Dec 2015, 13:13 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya bagaimana cara pijat payudara agar memperlancar ASi? Terimaksih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Berikut beberapa langkah pijat payudara yang dapat Anda lakukan:

  • Bersihkan daerah payudara dengan waslap air hangat.
  • Ratakan minyak pada kedua tangan. Minyak ini untuk melenturkan dan melembapkan payudara saat dipijat.
  • Letakkan satu tangan di bagian bawah payudara dan satu tangan di atasnya, kemudian lakukan gerak memutar dengan telapak tangan searah jarum jam. Lakukan pula gerakan serupa berbalik arah atau berlawanan.
  • Geser perlahan telapak tangan ke arah puting dengan sedikit diberi tekanan. 
  • Lakukan gerakan tersebut masing-masing secara berulang dengan 12 hitungan hingga seluruh saluran susu terpijat.
  • Bersihkan pula bagian puting dengan kapas air hangat, kemudian bersihkan seluruh daerah payudara dengan waslap basah kembali. Setelah itu, keringkan.

 

Ada beberapa hal tambahan yang dapat membantu Ibu untuk dapat menyusui dengan sukses, yaitu: 

  1. Ibu Merasa Nyaman

Ibu perlu membangun percaya diri dalam merawat bayi, bahwa Ibu akan mampu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika terdapat nyeri atau kecemasan sebaiknya Ibu segera mengkonsultasikannya ke dokter atau tenaga kesehatan lain agar dapat segera ditangani. Pikirkanlah hanya pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi Ibu. (Baca: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?)

  1. Carilah Tempat Menyusui yang Tenang dan Perhatikanlah Privasi Ibu

Dengan menyusui di tempat yang tenang akan membuat Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. Jika privasi Ibu terjaga, Ibu juga akan merasa nyaman untuk membiarkan bayi menyusui dengan leluasa.

  1. Dekaplah Bayi dengan Kontak Kulit

Kontak antarkulit akan meningkatkan perasaan nyaman Ibu dan bayi serta membantu Ibu dapat memiliki pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi dan juga dapat menstimulasi reflex oksitosin.

  1. Cukupi Asupan Makanan dan Minuman

Perhatikan asupan makanan dan minuman Ibu agar tetap tercukupi. Kesibukan mengurus dan merawat bayi daru lahir memang dapat menyita perhatian, namun asupan makanan dan minuman yang baik tidak boleh diremehkan karena akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Untuk membuat tubuh nyaman, Ibu secara khusus dapat mengkonsumsi minuman yang hangat sebelum menyusui bayi. Namun, hindarilah kopi selama menyusui. (Baca: 5 Info Makanan Seputar Menyusui)

  1. Istirahat yang Cukup

Cukup istirahat akan membantu mengurangi stres dan kecemasan Ibu. (Baca: Masalah Payudara Setelah Menyusui)

  1. Posisi Bayi Saat Menyusui Benar

Saat menyusui, bayi perlu menempel dengan benar ke dada Ibu dengan posisi mulut yang tepat sehingga bayi dapat menyusui dengan efektif.

  1. Stimulasi Reflex Hormon Oksitosin

Berbagai cara di atas dapat meningkatkan kerja hormon oksitosin. Selain itu beberapa cara stimulasi langsung pada payudara juga dapat membantu seperti: menghangatkan payudara dengan kompres hangat atau mandi air hangat, menstimulasi puting payudara dengan menarik atau memutar puting payudara, pemijatan payudara pada daerah puting payudara ataupun areola dan pemijatan punggung.

  1. Bayi Dapat Menyusui dengan Leluasa Sesuai yang Diinginkan

Jika bayi dapat menyusui dengan leluasa maka waktu yang dimiliki bayi untuk mengisap akan semakin lama sehingga akan meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI. Sangat baik jika bayi dapat mengisap dam menyusui minimal 10 kali dalam 24 jam, bahkan dapat lebih. (Baca: Cara Menyusui yang Benar)

  1. Lingkungan Ibu Mendukung

Dukungan dari Ayah, anggota keluarga lainnya, teman-teman dan lingkungan kerja akan membantu Ibu tidak merasa stres, cemas dan terlalu lelah sehingga Ibu dapat memperhatikan kesehatan diri dan bayi dengan lebih baik. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar