Sukses

Keguguran, Haruskah di Kuret?

29 Dec 2015, 11:08 WIB
Pria, 0 tahun.

dokter.. saya mau nanya,istri saya mengalami keguguran.usia janin sudah 15 dan janin diperkirakan meninggal 1bln lalu.. dan skrg bru mulai sdikit pendarahan,yg mau saya tanyakan,bisakah dengan proses alami saja? apa diharuskan dengan proses kuret? trima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami turut prihatin dan memahami kondisi yang istri Anda alami. Pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: Sudahkah istri Anda melakukan USG untuk mengetahui sisa jaringan? Sudahkah istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran istri Anda?

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan.

Terapi keguguran sesungguhnya disesuaikan dengan jenisnya. Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalahabortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Kami tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, terlebih jika mengetahuinya dari sumber-sumber yang tidak terpercaya. Kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Merencanakan Kehamilan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar