Sukses

Wasir dan Vagina Gatal

28 Dec 2015, 13:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya maw tnya Awlanya ada benjolan d dubur sy. Orng bilang ambeyen. trs sdh 3 4 bulan ambyena.a tidak maw masuk tetap benjol ... 2bulan stlah ambeyen sy keputihan d sertai bau dan rs gatal sx smpai akhrnya sy ke dokter dan d ksh obat .. keputihan sy smbuh tp ambyennya tetap .. dan skrng ambeyennya mash tetap . Dan keputihannya lembali lagi namun tidak bau terlalu mnyngat. Hanya saja vagina dan skelilingnya sangat gatal smpe saya tdk tahan dok itu kenpa y dok? Dan tolong ksh solusinya dok .. Terimakash dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Jadi sebuah wasir tidak akan menjadi kanker. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum

  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 

  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Penanganan wasir tergantung pada stadium nya. Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Seperti yang Anda alami. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat agar dapat memperlancar proses BAB dan segera memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel terkait wasir berjudul:

Gatal pada vagina yang juga Anda keluhkan dapat disebabkan oleh infeksi, terutama infeksi jamur, ataupun iritasi, paling sering karena terlalu banyak penggunaan sabun. Pada infeksi jamur, gejala yang dialami dapat berupa keluar gumpalan-gumpalan putih susu kental, konsistensi seperti tepung, yang dirasakan sangat gatal, dan bisa terjadi kemerahan di kulit sekitar bibir kemaluan. Pada iritasi karena sabun, dapat timbul kemerahan, gatal, sampai kadang dapat terasa perih.

Berikut saran yang dapat kami berikan untuk menjaga kebersihan vagina Anda :

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab

  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat

  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam

  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu

  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar