Sukses

Melihat Kilatan Cahaya

28 Dec 2015, 14:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hi, dokter! Pada tahun 2011 saja menjalani operasi katarak di kedua mata saya. Akan tetapi belakangan ini lensa mata sebelah kanan saya bergeser sedikit tetapi tidak perlu dioperasi dan dianjurkan untuk beraktifitas seperti biasa. Ketika saya berolahraga dan melakukan gerakan melompat kecil, terlihat seperti kilatan cahaya. Kira2 apa penyebabnya dan apakah olahraga dpt memperparah kondisi saya? Terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Melihat kilatan cahaya di mata tanpa adanya stimulus nyata disebut fotopsia. Cahaya yang masuk ke dalam mata akan menstimulasi retina yang akan menghasilkan impuls elektrik yang disampaikan ke otak oleh saraf mata yang lalu akan diinterpretasikan oleh mata sebagai cahaya atau objek.

Sensasi melihat cahaya di mata disebabkan oleh aktivasi reseptor penerima cahaya mata yang tidak sesuai atau gangguan pada bagian otak yang berhubungan dengan penglihatan. Cahaya silau di mata dapat diebabkan oleh beberapa kondisi antara lain; robekan retina, migraine, dan lain sebagainya. Sensitivitas terhadap cahaya juga dapat disebabkan oleh rasa cemas akibat pelebaran pupil sementara. Kliatan di mata juga dapat merupakan bentuk adaptasi mata terhadap cahaya berlebih.

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab keluhan yang Anda rasakan. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter mata kembali agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang mata sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar