Sukses

Nyeri Punggung Kiri

21 Dec 2015, 12:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dok. :) Saya sakit pada punggung atas kiri. Tepatnya diantara tulang belikat dan tulang belakang. Dan jika sakitnya timbul rasanya sakit dan panas juga sampai sesak nafas. Saya sudah merasakannya 1 tahun belakangan ini dan tidak kunjung membaik saat mengonsumsi obat nyeri sendi atau koyo. Saya pernah mengalami kecelakaan 5 tahun yang lalu dari sepeda motor dan jatuhnya ke sebelah kiri. Apa ini menjadi penyebabnya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Apakah sakit berhubungan dengan perubahan posisi tubuh? Kapankah nyeri menghilang? Apakah menjalar ke bagian lain di tubuh?

Nyeri daerah punggung kiri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis. Selain itu bisa juga disebabkan oleh trauma kecelakaan yang Anda alami. 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Biasa keluhan nyeri dada pada usia muda disebabkan oleh masalah otot dan tulang dada atau masalah saluran pencernaan. Namun, kami tetap menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bila keluhan muncul kembali, untuk pemeriksaan lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar