Sukses

Batuk pada Anak

21 Dec 2015, 11:24 WIB
Wanita, 5 tahun.

Dok, anak saya umur 5thn 8bln. Batuk sekitar 1 minggu. Tidak demam, nafsu makan normal. Aktifitas tetap seperti biasa. Tidur juga biasa, tetap nyenyak cuma kadang bangun untuk minum, katanya tenggorokannya kering. Batuk jarang cuma satu dua kali, tapi pernah juga sampai terpingkal-pingkal, sampai kaki dingin berkeringat. Sudah periksa ke rumah sakit, dikasih antibiotik dan obat batuk. Sudah 5 hari minum obat tersebut. Batuknya masih satu dua tidak sampai terpingkal-pingkal, suara masih serak. Apa yang harus saya lakukan? Apakah obat harus dihabiskan dulu, atau saya periksa ke dokter lain? Anak saya sakit apa dok? Makasih jawabanya..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Apakah batuk disertai dahak? Apakah ada pilek? Apakah ada riwayat alergi? Apakah pernah dilakukan foto rontgen?

Batuk pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit : 

1. Infeksi bakteri : memerlukan pengobatan berupa antibiotik, serta pula obat batuk, bila sangat perlu dilakuakn pemeriksaan rontgen, darah

2. Infeksi virus (bronchiolitis) : memerlukan perawatan uap/nebulizer, dapat dibeirkan anti-virus, atau bila sesak dapat dirawat di rumah sakit, diperlukan pemeriksaan foto rontgen, darah

3. TB : flek pada paru, memerlukan pengobatan anti- TB selama 6 bulan, diperlukan pemeriksaan rontgen, atau mantoux

4. Asthma : suatu bentuk alergi pada pernafasan anak, ditandai dengan sesak + batuk. Ditandai dengan suara khas pada pemeriksaan paru-paru.

Kami menyarankan agar anak Anda diperiksakan lagi ke dokter spesialis anak, karena itu menentukan diagnosis atau pengobatan dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lainnya lebih lanjut. 

Demikian infromasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar