Sukses

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

21 Dec 2015, 08:13 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya punya luka akibat tersiram air panas sewaktu saya umur 6 tahun di bagian tangan saya dan sampai sekarang bekas luka tersebut sangatlah mengganggu, luka saya terlihat seperti kulit menjadi lebih kecoklatan di banding warna kulit saya yang lain dan sedikit melepuh namun tidak terlihat, dok bagaimana saya bisa menghilangkan ini karna saya melihat ada harapan agar bekas luka ini hilang ?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam pada daerah tersebut biasanya dapat menggunakan krim. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah  tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat).

Hindari penggunaan bahan/krim apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter, agar tidak timbul iritasi. Iritasi yang terjadi dapat memperparah bekas luka Anda. Bekas luka hitam tersebut dapat disamarkan, namun tentunya memerlukan waktu. Untuk itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kulit untuk petunjuk terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar