Sukses

Kedutan di Leher

20 Dec 2015, 07:06 WIB
Pria, 26 tahun.

aslmkum dr,saya benerapa bulan belakangan ini sering merasakan kedut2an di seluruh anggota tubuh,serta mengalami pegal di bagian leher kebaa keaemutan di bagian kaki dan ada benjolan di paha pinggang menyerupai pergumlan urat,tidak besar dan tidak sakit,dan saya pernah cek asam urat sekitar 1 bulan yang lalu,angkanya 10 apa ini semua ada hubungan dengan asam urat dok,makasih mohon infonya

 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Bagaimana awal mulanya? Apakah ada gejala lain seperti nyeri saat menggerakan leher, sakit kepala, kesemutan pada anggota gerak tubuh, atau keluhan lainnya? Pengobatan apa sajakah yang sudah Anda dapatkan? 

Secara umum, nyeri pada leher biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Selain itu, nyeri juga dapat dipengaruhi keadaan-keadaan di bawah ini: 

  • Leher yang terkilir yang disebabkan oleh penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.
  • Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.
  • Herniasi diskus tulang belakang: dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan
  • Beberapa penyakit seperti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leher

Intinya, nyeri pada leher dapat disebabkan oleh masalah pada otot, sendi, maupun tulang leher. Dari keterangan yang Anda berikan, nyeri muncul setelah bangun tidur. Bagaimana posisi tidur Anda? Apakah nyeri berkurang bila dilakukan pemijitan? Bagaimana dengan aktivitas Anda sehari-hari? Kurang olahraga juga akan memicu hilangnya fleksibilitas dan kekuatan otot yang akan memperparah nyeri.

 

Untuk mengurangi nyeri dan keram pada leher, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Pemijatan/massage pada otot leher dan bahu
  • Lakukan stretching pada bahu dan leher disela-sela kegiatan
  • Perhatikan posisi duduk, tidur atau berdiri, posisi yang salah dapat menyebabkan spasme pada otot dan nyeri 
  • Olahraga secara teratur 3-4 kali/minggu selama minimal 30 menit
  • Konsumsi obat anti nyeri jika sangat mengganggu
  • Terapi panas/dingin. Kompres dingin dapat membantu meredakan proses inflamasi, coba kompres leher dengan air dingin selama 20 menit setap harinya atau mandi dengan air panas, sebab air panas dapat menrelaksasi otot. 
  • Minum banyak cairan tiap hari (minimal 8 gelas per hari)
  • Makan makanan yang kaya mineral kalsium, kalium, dan magnesium seperti buah-buahan (pisang, anggur, jeruk) dan sayuran, kentang, jagung, tomat

Saya sertakan artikel: Cara Mengatasi Nyeri pada Leher untuk informasi lengkap Anda.

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter jika dirasakan hal ini cukup menganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar