Sukses

Penularan HIV

20 Dec 2015, 13:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Siang doc. Mau nannya kalau di dalam darah haid terdapat virus hiv. berhubungan sudah menggunakan kondom. Tapi darah haid tersebut menyentuh kurap yang ada di paha kita. Apakah itu berisiko tinggi untuk tertular.dan kurang dari 5 menit sudah di cuci dengan sabun dan darah haid tersebut bisa dikatakan sudah kering sebelum dicuci.terimaksih doc mohon respon

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka resiko untuk tertularnya HIV tidak ada. Apakah luka Anda masih berdarah atau sudah kering? Kalau sudah kering maka penularannya akan rendah. 

Bila Anda terkena cairan vagina penderita HIV maka ada resiko tetular, namun masih faktor resiko, kalau ingin pasti dalam waktu 3 bulan Anda dapat melakukan pemeriksaan HIV. Atau bila memang Anda pasti kontak dengan penderita HIV kami sarankan coba lakukan pengobatan profilaxis infeksi HIV yaitu pemberian obat anti-HIV selama 1 bulan. Sebelumnya coba lakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi.

Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar