Sukses

Trombosit Diatas Normal Dan Salmonella Positif

18 Dec 2015, 12:00 WIB
Wanita, 59 tahun.

Sekitar seminggu terakhir saya merasa kembung dan mual, disertai demam. Minggu lalu saya ke dokter diberi obat demam, mual, pusing dan cefadroxil 500mg. Karena tidk ada perubahan saya uji lab Igm salmonella positif 4 Trombosit 712000 Dengue negatif Upaya apa yg harus saya tempuh dengan hasil uji diatas?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
Hasil tes dengan IgM salmonella positif menandakan bahwa saat ini Anda sedang mengalami infeksi kuman salmonella atau sedang mengidap typhoid atau typhus.

Pengobatan yang diberikan pada pasien dengan typhoid adalah obat yang digunakan untuk menurunkan panas yang termasuk ke dalam golongan antipiretik seperti parasetamol dan ibuprofen. Untuk melawan kuman bakteri Salmonella, pasien dapat diberikan antibiotik yang tepat, seperti contohnya kloramfenikol, ciprofloxacin,ataupun cefriaxon, cefixime.

Obat-obat tersebut hanya dapat dikonsumsi dengan resep dokter, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Penggunaan obat yang tidak sesuai dengan indikasi dokter, baik jenis obat, dosis dan lama penggunaannya, justru akan berakibat buruk bagi tubuh. Selain itu, seringkali dokter akan memberikan vitamin atau obat yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kami memiliki keterbatasan karena tidak berhubungan langsung dengan Anda. Sehingga dokter yang paling mengetahui keadaan pasien adalah dokter yang langsung menangani pasiennya. Dengan begitu, dokter tersebut dapat memberikan pengobatan maupun perawatan yang tepat pada pasiennya.

Dengan pengobatan yang tepat dan istirahat saat fase akut akan mempercepat proses penyembuhan demam tifoid. Bila tak terawat dengan baik, demam tifoid dapat berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Penderita demam tifoid sebaiknya beristirahat untuk sementara waktu, hindari aktifitas yang terlalu tinggi selama masih sakit. Aktifitas dapat kembali seperti semula secara perlahan-lahan, setelah kondisi anak anda sudah lebih baik.

Rawat inap tidak mutlak diterapkan pada setiap pasien typhoid, sangat tergantung dengan keadaan fisik maupun hasil laboratorium yang lainnya.Pengobatan yang utama adalah dengan membasmi kuman Salmonella yang terdapat dalam tubuh. Pemberian makanan pun harus dilakukan secara bertahap, dari mulai yang lunak hingga kemudian bertahap menjadi yang padat. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar