Sukses

Bintik- bintik Sewarna Kulit Pada Leher

22 Dec 2015, 10:27 WIB
Pria, 49 tahun.

dok, menginjak usia 50 tahun, di leher timbul bintik2 warnanya sesuai kulit.... cara mencegah dan menghilangkan bintik2 yg timbul dikulit bagaimana dok? thanks salam janto

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebenarnya untk menentukan diagnosis pasti suatu kelainan kulit paling baik dengan pemeriksaan langsung. Salah satu kemunkinan yang sesuai dengan keluhan Anda adalah melasma. Melasma ialah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur dan berwarna coklat muda hingga kehitaman pada wajah. Bercak-bercak ini bisa muncul di bagian kulit manapun yang tidak tertutup pakaian, namun yang paling sering terjadi di pipi, dahi, atas bibir, hidung, dan dagu atau leher . Melasma umumnya menyerang usia dewasa (sekitar usia 25-44 tahun) dengan kasus terbanyak pada wanita. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada pria.

Terdapat beberapa penyebab dari melasma. Faktor-faktor yang ikut berkontribusi dalam terjadinya melasma adalah paparan ultraviolet, genetik, dan disfungsi endokrin atau terapi hormon. Kosmetika dan obat-obatan yang mengandung agen fototoksik juga bisa menyebabkan melasma. Pelepasan hormon yang menstimulasi melanosit akibat pengaruh stres, menguatkan dugaan jika melasma juga dipengaruhi stres. Tapi penyebab utama adalah sinar matahari. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet menstimulasi produksi sel-sel pigmen atau melanosit di kulit. Hal ini akan menyebabkan proses pembentukan melanin sehingga terjadi hiperpigmentasi.

Penanganan melasma perlu waktu lama dan tidak bisa instan. Lamanya pengobatan tergantung berat ringannya masalah yang timbul. Biasanya, hasil pengobatan mulai terlihat pada minggu ke-3 hingga ke-4 dan selanjutnya diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhannya. Pengobatan melasma dapat dilakukan dengan pemberian obat-obat topikal yang berfungsi untuk menghambat pembentukan pigmen dan mengangkat melanin. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani melasma, adalah: Hidrokuinon, Arbutin, Asam Azeleik, Ekstrak Hibiscus.

Agar terapi yang Anda dapatkan sesuai dan efektif untuk keluhan Anda, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin untuk keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar