Sukses

Bintik Merah Di Kulit

18 Dec 2015, 11:18 WIB
Wanita, 14 tahun.

Di kulit tangan dan kaki saya muncul bintik bintik merah awal nya masih dikit tapi jadi banyak dan terasa sangat gatal, ini penyakit apa ya dok? apa ini alergi?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll. 

Bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu yang Anda pakai ketika kondisi tubuh Anda sedang tidak fit.

 

Sedangkan Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat. Bercak merah yang terjadi biasanya hanya pada 1 sisi tubuh saja, tidak pada 2 sisi tubuh.

 

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara. Bila tidak sedang mengalami lesi kulit maka tidak dapat terjadi penularan.

 

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat untuk mengatasi gejala lainnya.

 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter saat keluhan bercak merah terjadi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat selalu,

    0 Komentar

    Belum ada komentar