Sukses

Rasa Tidak Nyaman di Dada

18 Dec 2015, 11:23 WIB
Pria, 49 tahun.

Selamat siang dok. Saya sering merasa tidak nyaman di dada, seperti mau berdegup tapi hanya sekejap, tapi frekuensnya bisa sering dalam 1 hari, biasanya kalau begitu perasaan ikut cemas, perut rasanya tidak nyaman, bersendawa. Apa penyebabnya? Saya sudah pernah periksa EKG, oleh Dokter Jantung dikatakan normal. Saat ini saya konsumsi obat dari dokter "Irbesartan 150mg" dan "Bisoprolol 2,5mg".. Saya tidak merokok, konsumsi alkohol sedikit... Terimakasih. Salam.

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kemungkinan yang perlu disingkirkan dari keluhan Anda adalah ada atau tidaknya gangguan pada suplai pembuluh darah ke jantung. Rasa nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung misalnya jantung berdebar debar, keringat dingin, disertai nyeri yang menjalar ke lengan.
  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti parasetamol atau obat antiinflamasi lain.

 

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung. Untuk kasus penyumbatan, EKG dapat mendeteksi bila ada iskemia otot jantung (kekurangan oksigen) ataupun infark otot jantung (kematian otot jantung) yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Dengan EKG treadmill, sensitivitas dan spesifisitas untuk mendeteksi kelainan sumbatan kira-kira 75-85%. Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan EKG treadmill?

Kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakuan evaluasi menyeluruh kondisi kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan keluhan Anda ini.

Demikian penjelasan yang dapat kam berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar