Sukses

Tanda Lahir Melebar

17 Dec 2015, 18:12 WIB
Pria, 35 tahun.

Selamat Siang Dok, Saya memiliki putera berusia 3th. Sejak lahir memiliki tanda lahir di punggung seperti tompel dan berambut. Kalau saya perhatikan dimensinya semakin bertambah sejak lahir hingga sekarang. pertanyaannya adalah: 1. Apakah tanda lahir ini berbahaya? 2. Apakah tanda lahir ini harus di angkat? jika iya metodanya seperti apa dan kisaran biayanya berapa? Terima kasih atas tanggapannnya. Salam

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Keluhan pada kulit anak Anda mengarahkan pada Nevus atau istilah umum yang menggambarkan adanya bercak berpigmen pada kulit.

Nevus terdiri dari bermacam-macam jenis, antara lain yang disebut nevus melanositik dan giant hairy nevus. Nevus jenis ini merupakan kelainan yang jinak. Nevus melanositik oleh orang awam dikenal sebagai istilah “tahi lalat” (nevus pigmentosus). sedangkan pada kasus anak Anda lebih mengarah ke Giant hairy nevus.
Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun kita perlu mengenal tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

  1. Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan
  2. Membesar dan warna lebih gelap
  3. Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya
  4. Disekitarnya ada lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya
  5. Inflamasi tanpa didahului trauma
  6. Nyeri dan gatal

Nevus umumnya tidak memerlukan terapi kecuali bila pasien menginginkan nevus diangkat atau dokter mencurigai perubahan kearah keganasan. Terapi yang dipilih adalah eksisi sederhana Nevus yang dicurigai ganas harus dibiopsi dan sekalian diangkat/ dioperasi. Tipe Giant hairy nevus  menjadi penting karena sekitar 10-15% dapat berkembang menjadi ganas.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi lebih lanjut tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis, terutama kelainan pada kulit, dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang secara langsung. Untuk itu, Kami sarankan anak Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter umum terdekat, dan jika memang ada indikasi bedah atau kelainan mengarah pada keganasan dokter akan merujuk anak Anda kepada dokter spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar