Sukses

Pembengkakan Pada Testis

22 Dec 2015, 11:06 WIB
Pria, 42 tahun.

Sebelah kanan batang penis saya ada benjolan, tidak sakit tapi terkadang terasa pegal walaupun jarang jarang. Anehnya kalau bangun pagi saat kebelet kencing krn kantong kemih full, benjolannya kempes dan rata, begitu selesai kencing baru mengembang lagi, apakah ini gangguan prostat? Apa yg harus saya lakukan? Terima kasih dokter

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan yang Anda maksud bisa saja karena pembesaran vena, infeksi, peradangan hingga tumor. Adapun keluhan pembengkakan pada testis yang disertai rasa pegal kadang dapat disebabkan oleh varikokel, suatu pembesaran vena yang terbentuk di kantung kemaluan. Benjolan lain juga disebabkan oleh epididimis (epididimitis). Apakah disertai rasa nyeri? Sudah berapa lama? Biasanya epididimitis disertai dengan keluhan nyeri bila akut. Tapi bisa juga benjolan disebabkan oleh kondisi lain seperti tumor testis. Sedangkan hidrokel merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (sktorum). 

Namun kami tidak dapat memastikan mengenai apa yang terjadi pada testis Anda tanpa pemeriksaan secara langsung, mengingat banyaknya kemungkinan penyebab. Pasalnya dalam mendiagnosis kelainan kulit diperlukan wawancara medis yang mendetil disertai dengan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan tambahan. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk berkonsutasi langsung dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti kondisi yang Anda alami dan mendapatkan terapi yang sesuai.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar