Sukses

Keputihan

14 Dec 2015, 22:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau menanyakan hasil sekret vagina yang saya jalani. Tolong dijabarkan hasilnya. -GO: tidak ditemukan -Trichomona: tidak ditemukan -Candida: tidak ditemukan Lain-lain: -Leukosit: 1 - 2/LPB Epitel: 1 - 2/LPB -Kuman batang gram positif (+) -Kuman coccus gram positif (+) Sebelumnya saya sempat mengeluhkan masalah keputihan saya ke spog, setelah saya merasa keputihan gatal sehabis BAK menggunakan air di toilet umum. Spog bilang saya terkena jamur dan diresepkan floragyn dan 2 obat lainnya termasuk antibiotik. Selama mengkonsumsi obat, keputihan sudah berkurang dan tidak gatal. Setelah obat habis kembali lagi. Tapi tidak ditemukan jamur candida pada hasil sekret saya. Yang saya mau tanyakan, tolong jabarkan hasil sekret vagina saya, lalu apa yang dimaksud kuman batang gram dan coccus gram positif tersebut? Apakah berbahaya? Apakah dapat disembuhkan? Apakah ini termasuk keputihan normal atau abnormal? Terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Apakah selain keputihan Anda merasakan gejala lainnya, seperti:
- rasa gatal pada kemaluan
- rasa terbakar pada kemaluan
- bau amis atau bau ikan busuk pada keputihan
- keputihan yang bergumpal atau berbusa

Apabila memang ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas maka kemungkinan ini adalah keputihan yang patologis. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Keputihan yang terjadi akibat infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya.

Dari hasil pemeriksaan Anda, batang gram positif adalah kuman normal yang berada di vagina. Sementara coccus gram positif adalah kuman yang biasa berada di hidung. Kemungkinan kuman ini terbawa di jari tangan dan masuk ke vagina ketika tangan Anda memegang daerah vagina.

Kuman tersebut sejauh ini bukan merupakan kuman yang berbahaya. Namun tetap ini merupakan keputihan patologis, sehingga Anda membutuhkan antibiotik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar