Sukses

Haid Tidak Lancar, Bisakah Hamil?

21 Dec 2015, 17:02 WIB
Wanita, 26 tahun.

ass,,dok saya punya sakit diabetes udah 4thn,sudah pakai insulin,,saya menikah udah 3 thn dan belom ada momongan,.haid saya juga tidak lancar,ini sudah 2 bulan telat di tp(-),.saya sudah ke dokter terakhir harus hsg,tp saya belom siap,klo denger cerita teman2 kok sakit,.apa yg harus saya lakukan dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Minum susu baik untuk keseimbangan gizi Anda. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Bila diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan HSG pada Anda.

Hysterosalpingogram (HSG) merupakan pemeriksaan x-ray untuk mengevaluasi bagian dalam uterus (rahim), tuba falopi, dan daerah sekitarnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah sulit hamil atau gangguan kesuburan (infertilias). Pemeriksaan ini dapat melihat:

  • Sumbatan pada tuba falopi (saluran tuba). Wanita dengan riwayat infeksi pada saluran reproduksi (misal: penyakit menular seksual, keputihan, pelvic inflammatory disease) menyebabkan perlekatan tuba falopi sehingga dapat menghambat sperma bertemu dengan ovum (sel telur).
  • Menilai adakah kelainan pada uterus (rahim) seperti perlukaan, polip, firoid, perlekatan, benda asing, dll. Masalah-masalah tersebut juga bisa menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi dan keguguran berulang.

Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan yang dianjurkan dokter. Bila Anda masih belum jelas mengenai prosedur yang akan dilakukan, Anda dapat menanyakannya secara mendetail pada dokter kandungan Anda. Pemeriksaan tersebut memang tidak nyaman pada beberapa orang, namun pemeriksaan ini hanya berlangsung beberapa saat saja sedangkan manfaat yang akan didapatkan jauh lebih besar.

Kami sertakan juga artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar