Sukses

FAM

14 Dec 2015, 17:06 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok, saya mw bertanya tentang FAM. saya pertama kali tw saya terkena FAM waktu kelas 1 SMA pada tahun 2011. dan sampai sekarang FAM itu masih ada di payudara kiri saya . tpi baru 2 bulan ini saya merasa ada benjolan baru di payudara kiri saya di bagian bawah . kira2 apa itu FAM juga . apa penyebab nya bisa sampai bertambah benjolan di payudara itu dok ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. FAM atau fibroadenoma mammae adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan abnormal dari sel-sel yang non-kanker di dalam lobulus (kelenjar susu) dari payudara, membentuk benjolan yang lembut, padat dan tidak nyeri dengan bentuk yang tegas yang bisa dirasakan dan dapat bergerak dengan mudah di bawah kulit payudara. Oleh karena itu kelainan ini lebih dikenal dengan fibroadenoma mammae (FAM).

FAM merupakan tumor jinak pada payudara dimana penyebabnya belum secara pasti diketahui.Namun benjolan FAM dapat membesar dengan dipengaruhi oleh hormon.  Oleh karena itu terkadang FAM akan menjadi besar saat sedang siklus menstruasi, kehamilan atau sedang menyusui. FAM tidak ada resiko untuk menjadi kanker.

Pada umumnya, semua benjolan pada payudara perlu dilakukan tindakan biopsi agar dapat dilakukan pemeriksaan jaringan, untuk menentukan apakah jaringan tersebut adalah tumor yang jinak atau ganas (kanker).

Hasil pemeriksaan jaringan itulah yang nantinya akan menentukan langkah terapi selanjutnya, apakah jaringan tersebut perlu diangkat atau diberikan terapi obat-obatan. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis bedah onkologi guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar