Sukses

Kulit Kering dan Pori Besar
14 Dec 2015, 14:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok, Kulit wajah saya disekitar dahi, hidung&dagu; sudah lebih dari 6 bulan ini kemerahan seperti terbakar (terutama dagu)& gatal, kulit disekitar area tersebut juga sangat kering, terdapat kulit yang mengelupas. Pori2 kulit disekitar hidung juga membesar padahal sebelumnya tdk pernah seperti ini. sebaiknya bagaimana ya dok? Terimaksih dok

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari gejala yang Anda sebutkan, kami mencurigai telah terjadi kekurangan kelembaban pada kulit Anda. Udara dingin akan memicu kulit menjadi sangat kering dan terkelupas. Bila Anda mencuci muka menggunakan sabun, kami curiga sabun Anda tidak cocok untuk kulit Anda atau pH nya terlalu tinggi. pH sabun yang baik untuk wajah adalah sekitar 5,5. Atau apakah Anda sedang menggunakan produk perawatan tertentu? Jika ya, kami sarankan untuk menghentikannya.

Kami sarankan agar Anda mengganti sabun muka Anda dengan sabun yang memiliki pH yang lebih sesuai. Selain itu untuk menghindari kulit terkelupas di udara kering maka gunakanlah pelembab wajah secara teratur.

Kulit yang teriritasi tersebut memerlukan perawatan oleh dokter. Hindari menggunakan sembarang produk tanpa petunjuk dokter yang dapat membuat kulit wajah bertambah parah.

Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan. Karena itu, cara paling tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan facial  (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Untuk menangani komedo dapat dilakukan ekstraksi komedo (facial). Berikut adalah beberapa tips untuk mengecilkan pori yang dapat Anda lakukan di rumah: (namun hal ini dilakukan setelah masalah kulit Anda teratasi)

  • Gunakan masker wajah secara teratur
  • Kompres wajah dengan menggunakan air es. Efek dingin yang ditimbulkan dapat mengecilkan pembuluh darah dan pori-pori
  • Bersihkan wajah secara rutin, terutama setelah beraktivitas atau setelah mengenakan make-up menghindari pembentukan komedo dan atau jerawat

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar