Sukses

Kulit Mengelupas dan Terbakar
14 Dec 2015, 14:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok, Kulit wajah saya disekitar dahi, hidung & dagu sudah lebih dari 6 bulan ini kemerahan seperti terbakar (terutama daerah dagu) & gatal, kulit disekitar area tersebut juga sangat kering dan terdapat kulit yang mengelupas. Pori-pori kulit saya disekitar hidung juga membesar padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti ini. Saya sudah coba utk ke dokter kulit, menurut beliau kalau kulit saya seperti ini karena terbakar sinar matahari kemudian saya diberi obat krim dan minum. setelah obat habis muka saya kembali seperti sebelumnya dan saya juga tidak keluar rumah atau pun terpapar sinar matahari tapi muka saya tetap saja memerah. sebaiknya saya bagaimana ya dok? Apakah ini ada hubungan nya dengan penyakit asma saya yg disebabkan oleh alergi? Terimaksih dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Apakah saat ini anda sedang dalam perawatan wajah? Jika, ya. Maka kemungkinan hal itulah yang menjadi penyebabnya.

Selama menggunakan krim perawatan wajah, seringkali wajah menjadi begitu kering, mengelupas, kemerahan dan perih. Hal ini disebabkan oleh mekanisme obat yang digunakan. Misalnya obat jerawat oral, digunakan untuk menyetop produksi kelenjar minyak, yang dituduh sebagai penyebab utama jerawat. Sebagai hasilnya, minyak yang dihasilkan untuk menjaga kelembaban kulit berkurang hingga menghilang. Saat terjadi hal seperti ini, maka gunakan tips berikut:

  • Hindari penggunaan sabun wajah dengan pH yang terlalu basa. pH sabun wajah yang baik untuk kulitsekitar 5,5, dan penggunaan sabun biasa yang pH nya tinggi akan menyebabkan kulit semakin kering

  • Berinvestasilah untuk memilih produk pelembab yang baik, usahakan non-komedogenik dan tanpa parfum, serta non-alergenik

  • Rajin-rajinlah mengoleskan pelembab pada wajah, beberapa kali dalam sehari, terutama saat kulit terasa kering

  • Hindari ruangan dengan air conditioner yang diatur terlalu dingin, karena kelembaban kulit akan menghilang melalui proses konveksi.

  • Hindari mandi menggunakan air panas

  • Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)

Namun jika tidak, maka sebaiknya diperiksakan kepada dokter. Masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung. Dari keluhan yang dipaparkan dan ditambah dengan pemeriksaan langsung maka dapat dilakukan pengobatan karena pengobatan harus sesuai dengan penyakit yang ada. 

Untuk itu kami sarankan agar Anda memeriksakan kondisi kulit wajah ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk selanjutnya diperiksa dan diberi pengobatan yang sesuai.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar