Sukses

Sakit saat Haid
14 Dec 2015, 16:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok, saya mau tanya. Mengenai hal mensturasi saya yg setiap bulan sakit sekali sampai keluar keringat dingin, pucat dan ga bisa beraktifitas bahkan hampir seriap kali mensturasi saya menangis karna ga kuat menahan sakit. Hingga sekarang di usia 21thn saya menikah jalan 3 bulan januari esok usia pernikahan saya.. Tetapi setelah saya menikah sakit pada mensturasi tsb tidak juga kunjung hilang sampai selesai mensurasi rasa nyeri di perut bawah masih suka terasa. Pernah sesekali ke dokter tp dokter cuma bilang itu biasa tp saya merasa kurang puas atas jawaban dokter tsb karna yg saya takutkan berbagai macam dok.. Akhirnya kemarin saya pergih ke tukang ahli urut, beliau bilang kalau rahim saya menyamping ke kiri dan beliau pun bilang kalo mensturasi sakit akan ada kepastian kalo saya tidak bisa hamil dok. bagaimana menurut dokter? Apa ada masalah dengan rahim saya menyamping ? Ada penyebab mens sakit? Dan kemandulan? Lalu apa penyebabnya dok? Mohon di jawab dan kasih solusi ya dok.. Terimakasih..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsutasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagaimana rasa sakit yang Anda rasakan? Kapan rasa sakit perut timbul itu timbul?

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda-beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas-sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenorea, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenorea tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin

  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsung lebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit/kelainan, antara lain : infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Apabila dismenorea yang dirasakan adalah dismenorea primer maka tidak akan ada masalah, namun apabila penyebabnya adalah dismenorea sekunder, maka ada kemungkinan faktor penyebab tersebut perlu diteliti lebih lanjut melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yag diperlukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar