Sukses

Pilek saat Hamil
14 Dec 2015, 12:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dokter,saya sedang hamil 7 minggu. Dan sekarang saya sedang flu,masih katagori flu ringan. Yg mau saya tanyakan apakah flu mengganggu janin? Kalo saya melakukan aktifitas seperti biasa apakah beresiko? Terimakasih dokter

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan, dan umumnya bervariasi untuk setiap usia kehamilan.  Untuk keluhan hidung tersumbatnya dapat dihisap atau dioleskan mentol atau minyak kayu putih pada kulit dekat lubang hidung.

Selain itu, perlu diperhatikan mengenai pemenuhan kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi banyak buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hidung terasa sangat tersumbat, dapat diberikan uap hangat dari baskom yang berisikan air panas.

Apabila disertai keluhan demam, Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil pada semua trimester kehamilan. Yang terpenting Anda harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter Anda setiap hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena tingkat keamanan obat berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan.

Untuk penanganan yang tepat, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Untuk bahaya atau tidaknya bergantung dari penyebab flu itu sendiri.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Antibiotika Saat Hamil: Amankah?

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

Mengenali Perubahan Tubuh Saat Kehamilan Anda dan Pertumbuhan Janin

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar