Sukses

Bentuk Payudara dan Puting

14 Dec 2015, 07:43 WIB
Wanita, 29 tahun.

dokter, saat ini usia saya sudah menginjak 30 tahun namun puting tidak berkembang dan bentuk payudara tidak spt bentuk normal umumnya. apakah dengan kondisi ini akan tetap bisa menyusui ? apakah ini merupakan kelainan dan saya harus melakukan pemeriksaan khusus? mohon saran dan informasinya, terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah yang Anda maksud dengan kelainan bentuk puting dan payudara? Apakah puting Anda datar atau masuk ke dalam? Dan apakah ukuran payudara Anda bermasalah (kecil)? Karena kami memerlukan data yang lengkap untuk dapat menjawab pertanyaan Anda.

Puting datar atau masuk ke dalam bukanlah halangan untuk dapat menyusui. Memang sepertinya akan lebih sulit dibandingkan dengan wanita yang memiliki puting menonjol ke luar, namun bukan berarti Anda tidak dapat menyusui. Karena mulut bayi melekat pada areola, bukan puting. Anda tetap dapat menyusui dengan puting datar atau masuk ke dalam.

Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar yang akan memproduksi air susu di kala hamil dan melahirkan nanti. Rasio antara jaringan lemak dan kelenjar bervariasi di antara masing-masing individu. Jadi apabila lemak yang tertumpuk di payudara hanya sedikit, wajar saja bila payudara berukuran tidak terlalu besar, walaupun tubuh Anda berukuran besar.

Kemampuan memiliki anak dan memproduksi ASI tidak ada hubungannya dengan ukuran payudara. Wanita dengan payudara kecil tetap dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya, selama jumlah kelenjar susu dalam payudaranya cukup, dan belum pernah melakukan prosedur operasi di area payudara. Karena prosedur tersebut dikhawatirkan dapat merusak saluran air susu ataupun mengurangi jumlah kelenjar susu di payudara.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar