Sukses

Niat Menggugurkan Kandungan

14 Dec 2015, 11:23 WIB
Wanita, 22 tahun.

Siang dok. Mau nanya. Sbnernya ini masalah teman saya tp dia malu katanya. Jd saya yg tanyakan. Karena dia sdh spt adik saya sendiri. Hehe. Jd dia hamil di luar nikah dok, tapi pacarnya gak mau tanggung jawab. Lalu teman saya itu berusaha menggugurkan dgn minum citotec kl gak salah. Itu dia baca2 dari internet. Dan saya gak tau dia dapat obat itu darimana. Dia sdh minum 4butir tp tdk ada reaksi. Itu gmn dgn kandungan nya dok? Niatnya hari ini saya mau antar dia periksa. Terima kasih dok.

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda dan keluarga sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Salam kami untuk teman Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda dan teman Anda.

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Proses abortus dapat berlangsung secara:

  1. Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)

  2. Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),

  3. Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

Kami memahami kesulitan yang Anda alami. Namun demikian, aborsi buatan/sengaja adalah tindakan yang bertentangan dengan hukum di negara Indonesia. Kami, sebagai, dokter juga mengucapkan sumpah kedokteran untuk menghargai kehidupan sejak terjadi pembuahan, sehingga pengguguran kandungan tanpa indikasi medis yang sesuai dan jelas dan dilakukan sembarangan dan dilakukan tanpa pengetahuan medis yang benar merupakan hal tidak kami sarankan.

Jika boleh kami menyarankan, maka kami hendak menyarankan agar janin yang sudah dikandung tetap dipertahankan karena meskipun masih berupa janin, ia adalah juga seorang individu yang berhak memiliki kehidupan. Ia dapat ditaruh di panti asuhan atau diberikan kepada keluarga yang ingin mengadopsi bila karena dengan alasan tertentu, Ibu dan ayah dari anak tersebut belum mau merawatnya.

Selain itu, terdapat beberapa efek samping obat penggugur kandungan yang perlu diwaspadai. Obat penggugur kandungan secara umum, dapat menyebabkan perdarahan berlebihan atau aborsi tidak sempurna secara fisik jangka pendek, atau gangguan permanen organ reproduksi Ibu. Secara psikologis, proses pengguguran kandungan sendiri dapat menyebabkan gangguan emosi pada wanita. Secara umum juga, pada calon bayi dapat terjadi peningkatan risiko kecacatan fisik maupun mental karena efek obat terhadap pembentukan organ tubuh dan sel saraf.

Tindakan Anda untuk membawa teman Anda ke dokter sudah tepat. Sebaiknya dilakukan konsultasi langsung dengan dokter untuk dapat mendiskusikan jalan terbaik untuk masalah yang pelik ini baik secara fisik medis maupun psikologik medis.

Kami sungguh mendoakan yang terbaik untuk teman Anda, semoga dapat selalu mendapatkan hikmat kebijaksanaan dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam kehidupan yang tidak akan disesali nantinya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar