Sukses

USG Dalam Kehamilan
14 Dec 2015, 17:55 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok mau tanya usg sebaiknya dilakukan pertama kali pas usia kandungan berapa bulan? Dan sebaiknya usg dilakukan berapa kali jg selama hamil

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Jadwal pemeriksaan USG selama kehamilan

Tidak ada aturan tertentu yang mengatakan jumlah pemeriksaan USG yang harus dilakukan selama kehamilan. Pemeriksaan dilakukan apabila dicurigai terdapat kelainan atas dasar klinis. Jikalau tidak, umumnya dilakukan saatminggu ke-7 untuk konfirmasi kehamilan, mengeksklusi kehamilan di luar kandungan (ektopik) atau hamil anggur (mola), konfirmasi pusasi jantung dan pengukuran panjang ubun-ubun hingga bokong/crown-rump length(CRL) untuk penentuan usia.

Pemeriksaan kedua dilakukan saat usia kehamilan 18-20 minggu. Umumnya untuk mencari adanya kelainan kongenital, kehamilan multipel/kembar, serta usia dan pertumbuhan. Pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan jika dicurigai adanya kelainan. 

Banyak pusat-pusat yang saat ini melakukan pemeriksaan skrining pada usia lebih awal, yaitu sekitar minggu ke-11 hingga 14 untuk membantu menegakkan diagnosis sindrom Down.

Pemeriksaan lebih lanjut seringkali dilakukan sekitar minggu ke-32 atau lebihuntuk menilai ukuran janin (memperkirakan berat janin) dan menilai pertumbuhan janin, atau untuk mengikuti kelainan yang mungkin ditemukan sebelumnya, mengetahui posisi plasenta, dan adanya pertumbuhan janin terhambat.

Total banyaknya pemeriksaan sangat bervariasi tergantung apakah pada pemeriksaan awal apakah terdeteksi kelainan tertentu yang membutuhkan tindak lanjut.

Keakuratan hasil pemeriksaan USG sangat tergantung kepada mesin USG dan operator yang melakukan pemeriksan USG. Namun demikian, dalam memperkirakan taksiran berat janin, pemeriksaan dengan menggunakan USG akan memberikan hasil yang lebih akurat jika dibandingkan pemeriksaan dengan cara perabaan.  

Untuk mengukur berat badan janin menggunakan USG, diperlukan beberapa hasil pengukuran biometri janin lain disamping lingkar kepala dan lingkar perut, antara lain panjang diameter biparietal kepala janin, dan pengukuran panjang paha janin. Namun demikian, hasil pemeriksaan lingkar perut merupakan parameter yang paling baik digunakan untuk memperkirakan berat janin.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar