Sukses

Vagina Gatal

11 Dec 2015, 15:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, saya baru pertama kali melakukan hubungan intim. setelahnya vagina saya terasa nyeri dan gatal. hal ini menganggu saya. apakah ada yg salah dengan vagina saya? bagaimana cara mengobatinya? bisakah diobati menggunakan air sirih atau sabun sirih?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Bibir vagina yang gatal memiliki beberapa penyebab, seandainya memang Infeksi Menular Seksual disingkirkan, maka kemungkinan yang ada adalah jamur, virus, infeksi bakteri, alergi, atau perlukaan akibat kelembaban yang meningkat. Apakah memang hanya gatal dan apakah ada kemerahan saja keluhannya?


Biasanya infeksi-infeksi tersebut diikuti dengan keluhan lain seperti keputihan. Seandainya memang tidak ada keputihan, maka untuk sementara ini cobalah lebih menjaga kebersihan kemaluan. Mungkin saja ini hanya sedikit gangguan akibat lembab dan kurang bersihnya kemaluan.


Saran saya adalah jaga kebersihan kemaluan dengan cara sering berganti celana dalam (terutama bila sudah terasa basah), jangan memakai celana dalam berbahan nilon, keringkan kemaluan menggunakan handuk setelah selesai BAK dan BAB, dan jika anda menggunakan pantyliner, sering-seringlah menggantinya.
Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar