Sukses

Benjolan di Bawah Kulit

11 Dec 2015, 00:06 WIB
Pria, 31 tahun.

Maaf Dok,usia saya 31 tahun, sejak 6 bulan yang lalu saya mempunyai benjolan di bawah kulit pada samping pada kiri saya,benjolan saat ditekan terasa keras dan tidak bergeser,benjolan bewarna hitam,akhir-akhir ini benjolan sedikit membesar menjadi 1 cm yang tadinya (6 bulan yang lalu)hanya 0,5 cm,kadang terasa pegal,sakit di bagian paha kiri saya(bagian belakang)tetapi bukan pada bagian benjolan tersebut,benjolan tidak terlalu menonjot dan tidak sakit saat ditekan mohon bantuannya Dok,Kiranya penyakit apa yang saya idap,apakah tumor ganas atau jinak?Terima Kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Untuk memastikan diagnosis Anda, diperlukan informasi yang lebih detail dan lengkap, serta diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Perlu juga diketahui hal-hal berikut:

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?
  • Berapa ukuran benjolan tersebut (dalam satuan mm atau cm)?
  • Berapa jumlahnya?
  • Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?
  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?
  • Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?
  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Benjolan dalam istilah medis dinamakan tumor. Terbagi terbagi menjadi tumor jinak yang tidak berbahaya dan ganas. Jadi tidak semua tumor dikatakan ganas. Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan umunya dapat disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak), tumor sel saraf (neurofibroma), atau kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat.

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya.  

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Mengingat keterbatasan kami, kami menyarankan Anda mengunjungi dokter bedah terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar