Sukses

Kemerahan di Tubuh yang Menyebar

11 Dec 2015, 14:32 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya sudah 3 minggu,gatal2 merah. Awalnya hanya di punggung dan sekarang menyebar di area ketiak,paha (selangkangan) di bawah dengkul dan bagian lainnya, sebelumnya tiap minggu saya sudah sering cek up ke puskesmas dan sekarang di beri rujukan untuk konsultasi ke dokter KK, sebelumnya sudah di beri obat salep jamur dan bedak salisir namun tidak berpengaru kira2 saya sakit apa ya dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah salep antijamur tersebut Anda dapatkan dari dokter spesialis kulit dan kelamin? Sayangnya agar dapat menentukan pengobatan yang paling tepat maka diagnosis penyakit yang benar juga harus ditentukan. Keluhan pada kulit harus terlebih dulu dikonfirmasi penyebabnya apakah memang karena jamur, alergi atau peradangan. Perlu ditentukan bentuk kelainan secara langsung, gambaran kelainan kulit (karena tiap gambaran kelainan kulit berbeda tergantung penyakitnya), luas, dan lama keluhan terjadi, baru ditentukan pengobatannya.

Apakah juga terdapat gatal-gatal dan bentol-bentol pada sela-sela jari, siku, serta terdapat kerabat sekitar Anda yang juga mengalami hal yang sama? Bila Ya, maka diagnosis penyakitnya adalah skabies. Apakah terdapat riwayat munculnya kemerahan yang berkaitan dengan makan makanan tertentu? Bila Ya, maka kemungkinan telah terjadi alergi makanan. Apakah terdapat riwayat kurang menjaga higienitas tubuh misalnya jarang mandi, jarang mengganti pakaian bersih, sering menggunakan pakaian yang lembab? Bila Ya, maka memang kemungkinan terdapat penyakit jamur. Salah satu penanganan yang baik untuk infeksi jamur adalah menggunakan obat jamur dan untuk mencegah infeksi jamur adalah menghindari kelembaban berlebihan pada area yang terkena penyakit jamur. Dengan memastikan kebersihan kulit, Anda juga bisa terhindar dari penyakit jamur.

Pemberian obat jamur tidak dapat diberikan sembarangan karena pengobatannya biasanya membutuhkan jangka waktu lama (2-4 minggu). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit jika keluhan terasa mengganggu. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat setelah pemeriksaan langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar