Sukses

Plasenta Previa

11 Dec 2015, 10:58 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok sya mau nanya nih kan wktu priksa kata dr.spognya sya dvonis plasenta provia,tpi wktu pemeriksaan sblmnya dr.spognya bln letak plasenta diblakang tpi kok sekarang kta dr.spognya letak plasenta diblakang dan menetupi jln lahir. pertanyaannya sya knpa bisa serti it,apa krna sya trlalu byak berkatigitas mnggunakan motor atau bgmnana??? mohon penjelasannya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Plasenta Previa adalah suatu kondisi dalam kehamilan dimana plasenta  berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir meskipun perkembangan janin sudah memasuki triwulan ketiga.

Ibu yang memiliki plasenta previa memang harus ditangani secara ekstra hati-hati. Salah satu  komplikasi tersering yang dapat terjadi pada keadaan ini adalah bayi lahir prematur hingga terjadi perdarahan hebat pada ibu.

Berikut penanganan pada wanita dengan plasenta previa:

  1.  Evaluasi kondisi ibu dan janin setelah perdarahan terjadi

  2. Bedrest (istirahat) total

  3. Menghindari hubungan seksual sampai follow up USG menunjukkan  perpindahan plasenta ke tempat seharusnya

  4. Pemeriksaan USG teratur setiap 4 minggu

  5. Pasien dapat melakukan kegiatan sehari-hari namun tidak boleh berlebihan

  6. Kewaspadaan untuk terjadinya perdarahan lagi

  7. Perawatan di rumah sakit apabila terjadi perdarahan berulang atau sudah saatnya untuk melahirkan

  8. Operasi caesar

Pada awal-awal kehamilan memang letak plasenta dekat dengan jalan lahir, dan seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka terjadi perkembangan janin dan pembesaran rahim yang dapat menyebabkan plasenta bergeser ke atas sehingga menempati lokasi plasenta yang seharusnya. Sayangnya Anda tidak menyebutkan usia kehamilan Anda. Yang harus Anda lakukan adalah kontrol rutin dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, sehingga kehamilan Anda selalu terpantau dengan baik. Kondisi ibu dengan plasenta previa dapat ditangani oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan mana saja yang Anda rasa dapat mengkomunikasikan setiap perkembangan kehamilan Anda dengan baik. Sebagai tambahan, Anda dapat menanyakan jumlah kasus seperti Anda yang pernah ditanganinya sehingga menambah keyakinan Anda terhadap dokter tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar