Sukses

Mudah Capek?

11 Dec 2015, 14:59 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya ini orgnya gampang capek. Naik turun tangga sekali aja ngos2an, ngerapiin barang sambil jongkok trs pas bangun lgsg pusing, olahraga jg ngga bisa yg capek2 bgt kaya lari2 jauh gitu. Trs jg kalo bangun tidur beberapa menit kemudian ngantuk lagi, pdhl tdrnya udh lebih dari cukup. Pernah saya ladenin sampe tdr 12jam tapi bangun2 tetep aja msh ngantuk. Itu kenapa ya, Dok? Pdhl badannya jg ngga di keadaan yg capek2 bgt, cm kalo udh bangun nanti beberapa jam lg nguap, ngantuk, gitu.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mudah mengantuk, bosan, lelah dan lesu, dan sering menguap dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang anda keluhkan.Selain porsi makanan, sebaiknya Anda juga memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

  • asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah

  • istirahat atau tidur teratur, 6-8 jam sehari

  • berolahraga 3-5x/hari, @30 menit

  • medical check-up 1 tahun sekali

Apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter secara langsung untuk mencari penyebab dari keluhan yang Anda alami. Untuk memastikan penyebabnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin  Anda untuk mendiagnosis anemia.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar