Sukses

Alergi Susu Sapi
07 Dec 2015, 16:21 WIB
Pria, 1 tahun.

Helo Dokter ini saya contact kedua setelah contact pertama mengenai BAB warna hija sekitar 2 minggu lalu Umum anak saya saat ini 1 bulan 2 minggu Sudah minum morinaga platinum sejak lahir ASI cuman 1 bulan,dan saat ini sudah tidak ada ASI ibu lagi,karena tidak keluar ASInya Jadi saat ini cuman minum morinaga platinum Kondisi saat ini : Sekarang anak saya BAB masih juga hijau,dan juga 4-5 hari sekali baru BAB..itu juga harus kita minta si bayi BAB BAB terakhir si bayi sampai nangis, BAB terkesan keras Kemudian pipi si bayi merah2 kasar Kita juga rajin membersihkan pipi si bayi tiap minum susu Apakah ini dikarenakan alergi susu? Mohon solusinya dokter Jika benar alergi, diganti susu apa ya dokter ? Dan gimana cara gantinya,saya dengar katanya tidak boleh langsung ganti susu ,karena bayi bisa mencret.. Betul tidak dokter ? Terma kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Manifestasi klinis alergi protein susu sapi (APSA) pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan sebesar 50-60 persen. Sisanya terlihat di kulit dan saluran nafas. Gejalanya mulai dari ringan sampai berat hingga mengancam jiwa, seperti asma berat, udem laring, dan anafilaksis yang berakibat tidak sadar atau maut.Manifestasi pada saluran pencernaan biasanya dalam bentuk muntah, diare, dan diare berkepanjangan. Jika anak tidak mendapat pengobatan tepat, anak akan malnutrisi.apakah anak anda mengalami diare setelah mengkonsumsi susu?atau ada gejala-gejala alergi susu pada anak anda?

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa adalah masalah yang disebabkan oleh sistem pencernaan.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit untuk memastikan apakah anak anda alergi terhadap susu sapi.

Apabila anak anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, susu gandunm, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai.

Kami tidak dapat memastikan apakah anak Anda memang betul memiliki alergi terhadap susu sapi atau tidak karena dibutuhkan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Untuk itu kami menganjurkan agar anak Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar