Sukses

Demam Berdarah Pada Anak

11 Dec 2015, 10:02 WIB
Pria, 31 tahun.

Met sore dok,trombosit anak saya terakhir di cek 15000 tp tidak ada kontraksi pendarahan atau gejala yg terlihat.hanya lebam dan bintik2 merah saja.sy meminta plg dr rs krn tidak tega melihat anak dipaksa untuk diinfus terus2an.sy bingung harus melakukan apa skrg?? sudah 2 hari saya rawat saja di rumah dengan diberi mnuman obat dari china yaitu angkak. mohon pencerahan nya mengenai kondisi yg sy rasakan saat ini. trmksh banyak salam Lyus Handoko

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Memang demam berdarah pada anak memerlukan terapi cairan dengan infus, terutama jika anak sulit makan minum, trombosit rendah, dan hematokrit tinggi. Memang tidak tega rasanya sebagai orangtua melihat anak diinfus. Namun seringkali pada demam berdarah anak, hal tersebut memang perlu untuk dilakukan.

Perlu diingat, Demam Berdarah pada anak harus dianggap serius, mengapa? Ada beberapa pendapat dari beberapa ahli. Seperti  ada yang menyebutkan dalam penelitian bahwa mekanisme pertahanan tubuh pada anak ada yang belum sempurna untuk melawan virus ini yang dapat menyebabkan keadaan fatal  pada anak yang berbeda dengan mekanisme pertahanan orang dewasa yang sudah sempurna. 

Salah satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kematian pada DBD sering dalam bentuk DSS (Dengue Syok Syndrome) disebabkan oleh karena tubuh kekurangan cairan. Nah, pada orang dewasa saat tubuh mulai kekurangan cairan, sistem penditeksi kekurangan cairan ini sudah sempurna jadi otomatis pada orang dewasa saat kekurangan cairan kita akan mengkonsumsi air yang lebih banyak serta kita dapat merasa bahwa tubuh kita kekurangan cairan. Namun pada anak-anak ada juga yang menyebutkan bahwa sistem penditeksi ini belum baik yang dapat menyebabkan anak-anak lebih mudah masuk ke dalam kondisi syok. Ada juga yang menyebutkan bahwa pada Demam Berdarah tahap awal demam pada anak dapat dilihat terjadi gangguan pendarahan/pembekuan darah diamana dapat membuat kondisi lebih berat. 

Jadi saat anak terinfeksi Demam Berdarah maka sangat penting untuk selalu melakukan pemantauan yang seksama pada anak dan perhatikan tanda-tanda lampu merah seperti anak yang tadinya rewel menjadi lemas, urin anak berkurang, anak lebih banyak tidur, tangan dan kaki anak dingin, makan dan menyusui berkurang., timbul pendarahan pada anak seperti gusi berdarah, mimisan, dan lainnya. 

Pemantauan di rumah sakit dapat dilakukan dengan lebih saksama, dengan adanya dokter dan suster yang memeriksa anak Anda. Sehingga diharapkan keadaan anak dapat lebih terpantau dan tanda-tanda bahaya (jika ada) dapat segera dikenali dan ditangani. Apalagi trombosit anak Anda masih 15.000, di mana trombosit normal adalah 150.000-450.000. Oleh karena itu, saya sarankan agar Anda membawa anak untuk dirawat di RS hingga keadaannya pulih benar.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar