Sukses

IUD dan Hamil
07 Dec 2015, 16:38 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok mau tanya saya rencana mau hamil bulan april 2016..sya saat ini pakai kb iud.menurut dokter bagus nya saya lepas kb iud bulan apa?pengennya bulan mei pertengahan saya sudah hamil 1 bulan.selanjutnya untuk minum susu esensis mulai bulan apa bagusnya? mohon jawaban nya yg jelas ya dok..trims

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Setelah melepas KB IUD maka sebenarnya Anda dapat langsung hamil. Izinkan kami menjelaskan tentang penggunaan KB IUD. Jenis KB spiral atau IUD sebenarnya bermacam-macam sehingga waktu pemakaiannya pun tergantung jenis yang Anda pakai. Secara umum, pemakaian KB spiral atau IUD biasanya dianjurkan diganti antara 5-10 tahun, tergantung jenis alatnya. 

Adapun KB spiral tidak memiliki efek mengurangi kesuburan, sehingga segera setelah dilepaskan tingkat kesuburan Anda akan kembali normal, sehingga kemungkinan hamil lagi pun akan sangat besar, walaupun belum tentu setelah Anda lepas IUD bisa langsung hamil.

Mengingat hal ini, maka untuk menunda kehamilan sebaiknya jika Anda ingin hamil, Anda bisa mulai melepas IUD Anda. Karena tidak dapat dipastikan semisal Anda lepas IUD, lalu bulan depan Anda langsung hamil. Karena agar seseorang bisa hamil, dibutuhkan berbagai faktor semisal kesuburan Anda dan suami, terlebih jika jadwal haid Anda tidak teratur.

Jika Anda ingin memprogram kehamilan, sebaiknya Anda dan suami dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar