Sukses

Mengendalikan Amarah

07 Dec 2015, 09:29 WIB
Wanita, 21 tahun.

Salam dok,saya ingin tanya saya ini orang seperti apa,dan bagaimana menjadi sesorang yang berguna dilingkungan masyarakat? Saya merasa kadang emosi amarah saya cepat sekali naik jika ada kejadian yang tidak sesuai keinginan terjadi,bahkan sampai menangis dan secara spontan berkata-kata kasar,dan itu sangat cepat sekali naik.bahkan hingga melukai diri saya sendiri maupun orang lain,bahkan keinginan kecil sekalipun,contohnya:hp saya ketinggalan dikantor,tapi saya bersikeras untuk ditemani menjemput hp sm pacar saya meskipun saya sendiri sadar itu bsa dilakukan esok hari karena tidak ada hal yg begitu penting,namun karena pacar saya tidak mau menemani saya menjadi marah besar bahkan melakukan aksi apapun agar pacar saya menuruti kemauan saya,bahkan maaf hingga menyakitinya. Kadang disaat saya menyendiri saya kadang merasa menyesal telah menyakiti orang2 dsekeliling saya sampai menangis keras.namun beberapa hari stelah itupun keadaan saya kembali biasa. Dan ada suatu waktu saya memikirkan kejadian2 saat saya berdebat dengan orang lain,kenapa saya tidak menjawab dengan benar seperti ini,kenapa pada saat itu saya malah mnjawab itu?itu selalu trjadi pada saya,saya merasa bodoh sendiri bahkan sampai kesal bahkan bsa menangis,menangisi kebodohan saya. Saya akui saya sangat sulit mengakui keunggulan orang lain atas saya,tapi saya sadar saya ada batas dalam meraih apa yg saya inginkan. Itu kadang yg saya sesali kenapa saya terlahir seperti ini,kenapa saya tidak bisa menonjol pada satu bidang saja.bagaimana saya harus menjalin kerabat,lingkungan sosial yg baik sementara saya punya sifat mudah tersinggung.yg saya takutkan harus beradaptasi dengan calon mertua saya, saya mohon bantuannya dok. terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Meredam emosi/amarah memang cukup sulit, namun harus dilakukan dengan kesadaran dan tekad yang kuat.

Berikut beberapa cara dari kami untuk meredam emosi/amarah.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Mengendalikan Amarah

Beberapa cara untuk meredam emosi/amarah yaitu:

1. Rasakan Yang Orang Lain Rasakan

Cobalah bayangkan apabila kita marah kepada orang lain. Sekarang tukar posisi di mana anda menjadi korban yang dimarahi. Bagaimana kira-kira rasanya dimarahi.

2. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman

Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mingkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

3. Mencari Kesibukan Yang Disukai

Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi.

4. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yang Bisa Dipercaya

Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati.

5. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi

Ketika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada.

6. Ingin Menjadi Orang Baik

Orang baik yang sering anda lihat di layar televisi biasanya adalah orang yang kalau marah tetap tenang, langsung ke pokok permsalahan, tidak bermaksud menyakiti orang lain dan selalu mengusahakan jalan terbaik. Pasti anda ingin dipandang orang sebagai orang yang baik.

7. Melupakan Masalah Yang Ada

Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting.

8. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak

Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan.

9. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah

Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting.

Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda dapat meminta bantuan kepada dokter spesialis psikiatri untuk terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar