Sukses

Penyebab Nyeri Ulu Hati dan BAB Pucat

06 Dec 2015, 19:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sebelum nya sudah konsul ke dokter, dan dokter bilang saya terkena maag, ini sudah hampir 1 minggu ulu hati saya sakit, perut saya kembung, saya sudah minum omeprazole 2x sehari per 12 jam, yg saya heran kenapa urine saya berwarna kuning pekat, dan fases saya berwarna kuning pucat sekali, dan susah bab, itu ada masalah yg lebih parah atau gmana yaa dok ? Makasih

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari gejala yang Anda alami, memang betul bahwa sakit maag masih belum dapat disingkirkan dari kemungkinan penyakit yang Anda derita. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Selain itu, Anda juga mengeluhkan adanya warna feses yang pucat. Warna buang air besar (BAB) yang putih atau pucat dapat mengindikasikan gangguan pada kandung empedu atau hati. Apakah ada gejala lain? Apa warna air kemih Anda? Apakah ada keluhan lain seperti:

  • Mata kuning
  • Demam
  • Nyeri perut
  • Penurunan berat badan

Berbagai gejala tersebut penting dicari tahu, karena dapat mengarahkan ke jenis penyakit yang berbeda. Misalkan jika BAB Anda berwarna pucat sampai berwarna seperti dempul, maka perlu dipikirkan sebuah sumbatan saluran empedu. Jika keluhan buang air kecil kuning pekat disertai demam, nyeri perut kanan atas, bisa jadi keluhan Anda disebabkan oleh gangguan hati atau saluran empedu.

Namun, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat terkait keluhan Anda. Untuk memastikan apakah warna BAB memang tidak normal, silakan tampung sedikit dari tinja Anda, memeriksakannya ke laboratorium (feses lengkap) atau membawanya langsung ke dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar