Sukses

Ciri Cairan Mani Normal

05 Dec 2015, 22:20 WIB
Pria, 26 tahun.

mhon bantuannya dok.....,sy hampir 2th menikah blm d karuniai momongan sy pernah periksa kwalitas sperma hslinya normal tp lok sy agak encer...Makanan ap aj yg membuat air mani cepat mengental & lok ad obatnya tlng kshtau biar sy beli.....thanks doc

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

 

Pada saat ejakulasi, seorang pria normalnya akan mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma.

 

Secara normal pada saat ejakulasi, akan dikeluarkan cairan ejakulat yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan bersama dengan air mani saat ejakulasi.

 

Cairan mani  (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian.

Jika cairan mani Anda tidak sesuai dengan kriteria di atas, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis urologi atau andrologi untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan juga analisis sperma untuk mengetahui penyebab masalah pada cairan mani Anda. 

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

  •  Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)

  •  Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria

  •  Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.

  •  Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.

  •  Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

  •  Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pembentukan serta fungsi normal sperma.

 

Yang dapat dilakukan untuk sperma yang sehat adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zinc (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma. Di samping mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

 

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

5 Makanan Untuk Sperma Sehat

5 Tips Sperma Sehat

Pria Obesitas, Jumlah Sperma Sedikit

Kunyit Sebabkan Kemandulan pada Pria

Kapan Harus Periksa Sperma?

Terungkap Rahasia Kecepatan Sperma

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar