Sukses

Gatal Sekujur Tubuh

05 Dec 2015, 21:25 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter, saya ingin konsultasi, mohon pencerahannya. Saya mahasiswa berumur 22. Dulu aktivitas studi saya padat sehingga saya sering berkeringat. Jenis kulit saya memang berminyak pula. Lalu timbul bintik bintik seperti jerawat batu hampir memenuhi punggung saya, anehnya tidak terasa gatal atau perih, itupun saya baru tahu setelah diberi tahu teman saya. Lalu saya break kuliah dan melanjutkan aktivitas di pesantren. Di sana aktivitas saya padat membantu warga setempat, dari sinilah bintik.bintik itu terasa gatal bahkan beberapa kali perih sampai punggung saya merah. Lalu saya periksakan ke dokter, kata dokter itu hanya keringat yang tidak keluar. Saya dikasih obat minum dan salep. Sebulan kemudian obat itu baru saya pakai karena mulai tambah parah. Ternyata salepnya sangat bau, setelah saya olesi malah tambah gatal dan menyebar sampai ke tangan dan daerah pantat. Akhirnya saya pakai obat minum baru dari dokter spesialis kulit. Sebulan saya minum obat itu, memang lumayan membaik, tetapi itu terjadi jika saya minum obat saja. Saya berfikir saya ketergantungan obat, khawatir ginjal saya rusak, saya putuskan jeda sejenak berhenti minum obat. Tetapi malah tambah parah dan tambah banyak bintik-bintiknya. Akhirnya saya sambung lagi minum obat itu. Ternyata tidak mempan dan nambah gatal. Saya tetap minum obat itu, malah menyebar sampai kelamin. Lalu saya berobat lagi, sudah 2 kali dokter yg saya temui, tetap saja dikasih obat dan salep yang sama ketika saya di pesantren. Kata dokter itu, ini hanya jamur. Saya minum obat itu lagi dan tambah parah lagi, dokter. Sekarang sekujur tubuh saya gatal, bintik-bintik merah, bercak putih, luka bekas garuk, dan yang paling parah di bagian kelamin (parah sekali, penuh dengan bintik-bintik merah). Saya frustasi dokter, semenjak pulang dari pesantren sampai sekarang tetap pakai pk, sekarang pk tidak berpengaruh juga, malah ada bercak hitam dan merang. Saya harus bagaimana lagi dokter? Mohon jawabannya

 

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penyakit kulit memang dapat membuat stres bila tidak kunjung sembuh. Apakah obat yang selama ini diberikan oleh dokter kulit Anda? Dari cerita Anda, bisa kemungkinan penyakit kulit tersebut adalah jamur atau juga skabies, atau dapat juga penyakit kulit yang lain. Apakah ada rekan atau teman pesantren Anda juga mengidap hal yang sama dengan Anda? 

Memang diagnosis penyakit kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan biopsi kulit untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis penyakit kulit langsung dan kontrol secara teratur agar pengobatan dapat dievaluasi keberhasilannya. Anda juga perlu menggunakan obat yang diberikan oleh dokter sesuai aturan pakai, rajin kontrol ke dokter sesuai waktunya.

Semoga Anda cepat sembuh!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar