Sukses

Kantong Kehamilan Belum Terlihat

05 Dec 2015, 21:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

selamat pagi dok. saya mau tanya terkait kehamilan. saya sudah telat haid 9 hari saat hari senin saya tespeck hasil positif 2 garis yg 1 masih samar dok. payudara saya sangat sensitif dan kadang suka kram dibagian perut bawah saya dok. saya terakhir haid tgl 26 oktober. kira" Kalau saya positif hamil usia kandungan saya sudah menginjak berapa minggu ya dok. kemarin saya coba periksa usg namun belum terlihat apa" dok dan kata dokter rahim saya bagus. dan saya disuruh balik lagi 2minggu kemudian dan saya dikasih obat penguat kandungan dan vitamin dha. kalau saya hamil kenapa tidak terlihat kantong janinnya dok. dan kira" sekitar usia kandungan berapa baru keliatan kantong janin dan janinnya dok. terima kasih dok.

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) anda. Perhitungan dengan cara inipun hanya dapat dipercaya (valid) apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan normal selama 6 siklus terakhir yaitu sekitar 28 hari. Bila menggunakan HPHT, usia kehamilan Anda saat ini sekitar 6 minggu. Bagaimana dengan siklus menstruasi Ibu? Disamping  berdasarkan hari pertama haid terakhir, usia kehamilan juga dapat ditentukan dengan melakukan pemeriksaan USG Kehamilan.


Pada kasus ini dengan siklus menstruasi kurang teratur maka perkiraan usia kehamilan akan lebih akurat melalui pemeriksaan USG dengan mengacu pada pertumbuhan janin. Cara dengan menggunakan pemeriksaan USG, tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pd usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Ibu perlu memperhatikan instruksi yang diberikan dokter Ibu. Kami berharap seluruh proses hingga persalinan dapat berjalan dengan baik. Ibu dapat mengunjungi Rubrik  Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi lengkap dan Ibu juga dapat mengunjungi Kalender Kehamilan untuk informasi perkembangan kehamilan setiap minggunya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar