Sukses

Hentakan Kaki Saat Tidur, Normal?

05 Dec 2015, 07:43 WIB
Pria, 22 tahun.

Kenapa ya saya bbrp kali saat tidur kaki saya tiba2 seperti kejang. Jadi gerak2 sendiri. Padahal saya udah sadar (tidak tertidur lg) jadi saya tdk bisa tdr krmbali. Trrimakasi

 

Bapak yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda dan keluarga sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

 

Salam Saya untuk  keluarga Anda.

 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu saya konfirmasi. Keluhan Anda adalah hentakan/gerakankaki tiba-tiba pada saat tidur? Berdasarkan keterangan perlu dikonfirmasi apakah yang terjadi merupakan hentakan (kedutan) atau kejang. Pada saat keluhan Anda terjadi, apakah  Anda sadar atau tidak sadar/kemudian terbangun atau tidak?

 

Jika keluhan Anda hanya berupa kedutan otot pada salah satu bagian tubuh maka nampaknya, keluhan yang Anda maksudkan disebut dengan kedutan atau kejang otot dan hypnic jerks atau dikenal dengan mioklonus positif. Mioklonus positif adalah gerakan involunter (tidak sadar) kontraksi mioklonus (otot) yang muncul selama tahapan hypnagogia, yaitu kondisi dimana seseorang sedang mulai jatuh tertidur. Umumnya hypnic jerk ini akan diikuti rasa ingin terjatuh atau kaget ketika bangun tidur. Hal ini umumnya terjadi karena tidak teraturnya waktu tidur. Hypnic jerk biasanya dirasakan 1-2 kali dalam waktu semalam, dapat timbul dalam kondisi tidur yang normal. Hal ini lebih sering terjadi bagi mereka yang kurang tidur lebih dari 24 jam atau mereka yang terbangun padahal waktu tidur mereka masih kurang.

 

Namun, jika yang Anda alami adalah kejang pada bagian tubuh, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin diperlukan pemeriksaan elektromiografi (EMG) atau elektroensefalografi (EEG).

 

Untuk itu, saat ini sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah yang terjadi merupakan kedutan otot atau kejang. Setelah diketahui permasalahannya, maka  Anda dapat mendiskusikan dengan dokter dan memperoleh penanganan yang paling tepat dan sesuai.

 

Semoga keluhan Anda dapat segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar