Sukses

Haid Setelah Berhenti KB Suntik

05 Dec 2015, 07:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slamat malam dokter.saya ibu rumah tangga, usia saya baru 23thn.anak saya saat ini berusia 3thn.2bln yg lalu saya berhenti KB Suntik yg 1bulan.selama 2bulan itu saya sering kali menstruasi dok.kadang 1bulan 2x mens bisa lebih juga.tapi mens nya normal selama 4 hari atau 7 hari.yg mau saya tanya kan.apakah ini msh normal apa saya harus periksa ke dokter? Karna bulan ini saya sudah mau KB lagi dok.trimakasih atas wkt dan jawabannya.salam

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

 

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda.

 

Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Salah satu efek sampingnya memang adalah perdarahan yang tidak teratur. 

 

Setelah berhenti menggunakan KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

 

Namun, untuk memastikan kondisi Anda, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Hal ini dapat sekaligus dilakukan untuk mengkonsultasikan metode kontrasepsi yang paling tepat untuk Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar