Sukses

Terdapat Gambaran Putih Pada Pupil Mata?

09 Dec 2015, 10:56 WIB
Pria, 17 tahun.

dok saya mau tanya ibu saya kok mata sebelah kanan kok merah dan bagian pupil kok agak putih dan kata ibu saya mata bagian tsb tdk dapat melihat itu penyakit apa ya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya sangat sulit untuk menentukan kondisi apa yang sedang terjadi pada ibu Anda akibat terbatasnya data, selain itu pemeriksaan langsung tentunya sangat penting untuk dapat memastikan dengan tepat apakah penyebab keputihan pada mata tersebut. Berapakah usia ibu Anda? Sudah berapa lama keluhan putih tersebut muncul? Apkah kemunculannya tiba-tiba atau perlahan-lahan? Adakah gambaran berawan yang menyebabkan keburaman mata? Apakah awalnya diawali kemerahan, bengkak, rasa nyeri? Apakah ukuran mata yang mengalami putih tersebut lebih kecil dibandingkan mata sebelahnya? Mengingat beragamnya penyebab mata tampak putih, data-data tersebut diperlukan dan pemeriksaan langsung sangat penting.

Salah satu penyebab pupil mata tampak putih yang cukup umum terjadi pada populasi usia lanjut adalah penyakit katarak. Katarak adalah penyakit pada mata yang sering dikaitkan dengan usia yang  sudah sangat lanjut. Katarak merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya kekeruhan pada lensa mata. Normalnya, lensa mata adalah organ yang bening dan mampu meneruskan cahaya hingga seseorang dapat melihat dengan jelas. Saat terjadi kekeruhan, penglihatan akan berangsur-angsur menurun. Berikut adalah gejala-gejala dari katarak:

  1. Penglihatan seperti berawan

  2. ‘Penglihatan kedua’, yaitu perasaan seperti memperoleh perbaikan penglihatan untuk melihat dekat. Pasien tadinya merasa kesulitan untuk melihat dekat. Oleh karena kekeruhan lensa meningkatkan kekuatan fokus mata, terjadinya pergeseran dan pasien menjadi mampu melihat dekat.

  3. Silau

  4. Kadang memberikan gejala pandangan ganda (melihat suatu objek seperti dobel)

Berikut adalah penyebab dari katarak:

  1. Penuaan

Sudah sewajarnya setiap organ akan menua dan kehilangan fungsinya, begitu juga pada lensa mata. Penuaan adalah penyebab umum dari katarak.

  1. Riwayat trauma

Lensa mata yang pernah mengalami kerusakan saat muda (misalnya akibat masuknya serpihan material tajam ke mata, terbentur bola, kembang api) maka katarak akan muncul lebih cepat

  1. Menderita penyakit tertentu

Adanya riwayat menderita penyakit tertentu berkaitan dengan kejadian katarak di kemudian hari, seperti penyakit diabetes melitus (penyakit gula), hipokalsemia (kekurangan kalsium darah), dermatitis atopik (penyakit kulit alergi), dll.

  1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama

Contohnya obat kortikosteroid (sering digunakan untuk obat anti-peradangan) dan amiodaron (obat untuk mengatur irama jantung). Penggunaan obat-obat tersebut berkaitan dengan kejadian katarak.

  1. Infeksi saat kehamilan

Katarak juga dapat diderita sejak lahir, yaitu pada katarak kongenital. Katarak dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata anak. Penyebab utamanya terutama berkaitan dengan infeksi selama kehamilan, khususnya rubela.

  1. Merokok

  2. Toksin/ racun

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan mata yang sudah mengalami katarak adalah dengan jalan operasi penggantian lensa mata baru oleh Dokter Spesialis Mata. Kami sangat merekomendasikan agar Anda memeriksakan ibu Anda ke dokter spesialis mata agar dapat ditentukan dengan jelas apakah penyebab dari putih pada mata tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar