Sukses

KB Bikin Cantik
08 Dec 2015, 15:15 WIB
Wanita, 24 tahun.

begini dok ..?? saya mw tnya apakah ada kb utk kecantikan. ?? soalnya saya mw iku kb tp takut gemuk n flek di wajah. trus solusinya gmn yaa .. dok?? qw masih gak berani kb spiral.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kontrasepsi yang mengandung bahan aktif cyproterone acetate and ethinyl estradiol. Bahan aktif cyproterone acetate merupakan hormon yang analog dengan progesteron (mirip dengan hormon progesteron tubuh) yang memiliki efek antiandrogen sehingga dapat menekan aktivitas kelenjar sebasea. Aktivitas kelenjar sebasea yang berlebih dapat menyebabkan timbulnya akne/jerawat. Oleh sebab itu, bahan ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan dalam jerawat yang tidak membaik setelah pemberian obat jerawat baik oral atau diminum ataupun oles atau topikal. Sehingga banyak yang menganggap menggunakan kontrasepsi ini dapat membuat kulit menjadi halus. Menurut penelitian Regidor PASpeer KRegidor MSchindler EM, pada tahun 2000, penggunaan jangka panjang cyproterone acetate ini dapat menyebabkan :

  • Nyeri pada payudara 

  • Bintik-bintik coklat pada kulit yang terkena

  • Pusing/sakit kepala

  • Migrain

  • Mual muntah dan keluhan pencernaan

  • Perubahan mood/depresi

  • Peningkatan berat badan

Kontrasepsi yang mengandung bahan aktif berupa drospirenone dan ethinyl estradiol. Drospirenone merupakan bahan yang sampai saat ini paling mirip dengan hormon progesteron tubuh. Drospirenone juga memiliki efek antiandrogen sehingga dapat menekan aktivitas kelenjar sebasea. Namun menurut penelitian Muhn PFuhrmann UFritzemeier KHKrattenmacher RSchillinger E pada tahun 1995, efek antiandrogenik drospirenon hanya sepertiga bagian dari efek cyproterone acetate. Sehingga, drospirenone tidak sebaik cyproterone acetate dalam mengobati jerawat atau akne. Drospirenone sendiri juga memiliki efek terhadap berat badan. Menurut penelitian Oelkers WFoidart JMDombrovicz NWelter AHeithecker R pada tahun 1995, drospirenone tidak menyebabkan peningkatan berat badan pada penggunanya justru membuat penurunan berat badan sebesar 0.8 sampai dengan 1.7 kg.

Secara umum, penggunaan pil kontrasepsi dapat meningkatkan resiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Namun pada pengguna drospirenone, resiko untuk terjadinya sumbatan pada pembuluh darah lebih tinggi dibandingkan pengguna pil kontrasepsi lainnya. Sehingga pada wanita dengan latar belakang diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit lain yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah, tidak disarankan menggunakan jenis ini.

Untuk cara penggunaan pil KB jenis ini, biasanya pil KB jenis ini akan terdiri atas 21 pil. Saat 21 pil KB habis, berilah interval 7 hari untik tidak minum pil. Biasanya pada saat ini akan muncul menstruasi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar